SEKILAS INFO
21-03-2023
  • 1 tahun yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN 1 BINSIR 2021
1
Des 2021
0

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran Lokasi SMA NEGERI 1 BINTAN PESISIR Lingkup Pendidikan SMA Kelas X Tujuan yang ingin dicapai Meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Teks descriptive (menekan angka siswa putus sekolah)

Penulis QURRATUN AENi

Latar belakang Kondisi yang menjadi latar belakang masalah : Angka putus sekolah pada Pesrta didik cukup tinggi, hal ini di pengaruhi letak geografis dan kultur sosial masyarakat yang mengenyampingkan pendidikan, dimana paradigma yang ada mencari uang merupakan konsep hidup yang utama sedangkan sekolah atau dunia pendidikan sekolah hanya sampingan atau pelengkap saja sehingga mengakibatkan tingkat pendidikan rendah yang ada dikalangan masyarakat. Untuk membuat motivasi siswa semakin meningkat dalam mengikuti pelajaran sehingga tingkat putus sekolah dapat ditekan tidak mudah, seperti terbenturnya dengan kebutuhan ekonomi yang mendesak, tingkat perceraian yang tinggi dan lingkungan yang tidak mendukung tentang pentingnya dunia pendidikan di kalangan masyarakat. Dan pada saat pembelajaran yang saya lakukan dikelas X peserta didik tidak bersemangat dan kurang termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran. Setelah saya analisis lebih lanjut yang menjadi permasalahannya adalah 1. Pendidik dalam mengajar masih menoton 2. Pembelajaran masih berpusat pada Guru 3. Pendidik belum memahami tentang model pembelajaran yang inovatif 4. Pendidik belum terbiasa menggunakan IT dalam pembelajaran Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan? Dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan pembahasan teks descriptive peserta didik akan menjadi tertarik karena dalam pembahasaan ini berkaitan dengan tempat peserta didik dimana strategis perbatasan malaysia dan singapur, dimana dibintan ini banyak tempat Wisa ta yang dapat dikunjungi oleh orang Asing, nah disini mereka bisa memotivasi mereka untuk belajar Bahasa Inggris dengan bertujuan dapat mendescripsikan tempat wisata. Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini : saya sebagai pendidik tentu harus memperjuangkan pentingnya dunia pendidikan kepada pesrta didik sesuai dengan adanya penyampaian materi ini setidaknya membuka wawasan anak didik tentang pentingnya ilmu yang di dapat disekolah. Sebagai pendidik tentun ya kita memaksimalkan pembelajaran agar memotivasi siswa dan tertarik dal am menuntut ilmu di sekolah, Hal ini tentu menuntaskan tanggung jawab kita sebagai pendidik untuk memotivasi belajar siswa dan tentunya menekan angka putus sekolah dengan masuk ke dal am permasalahan yang ada dan berupaya mencari solusi dengan skill dan basic mata pelajaran yang kita ampuh untuk mendorong motivasi belajar siswa semakin meningkat. Peran saya dalam perakti fasilitator h k ini adalah saya sebagai arus kreatif Selain itu saya dalam praktik ini penggunaan TPACK dalam pemb elajaran dan an juga kegiatan pemanfaatan media pembelajaran inovatif dikelas dalam proses pembelajaran . D saya memiliki tanggung jawab dalam proses pembelajaran melalui perencanaan pem belajaraan yang saya r ancang berupa perangka pembelajaran berupa RPP, bahan ajar, LKPD, in srumen penilaian/evaluasi (kisi kinci jawkisi s aban dan pensekoran), den oal, soal, n menggunakan metode, media,dan model pembelajaran y ga ang tepat dan inovatif berbasis IT sehingga tujua siswa bisa n pembelajaran dan tercapai . Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat, hasil belajar t Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? : Setelah melakukan identifikasi masalah dan wawancara dengan guru, pengawas dan kepala sekolah dapat disimpulkan tantangan yang perlu di hadapi : 1.Guru mampu menerapkan model pembelajara yang inovatif 2. Guru menggunakan pendekatan saintifik 3. Guru menerapkan TPACK dalam pembelajaran 4. Guru harus mampu memotivasi siswa dalam pembelajaran agar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik 5.terbatasnya sarana dan prasarana di sekolah terluar sehingga harus bijak dalam mengambil keputusan dalam melakukan pembelajaran sehingga efiesiensi waktu agar tercapainya tujuan pembelajaran dengan maksimal 6.terbatasnya sumber listrik Siapa saja yang terlibat: yang terlibat untuk mewujudkan tujuan pembelajaran ini yang pertama adalah kepala sekolah tanpa adanya dukungan penuh dari kepala sekolah tentu guru mengalami banyak kendala, kedua adalah waka sarpras, dengan dukungan sarana prasarana meskipun dalam keterbatasan namun masih bisa dikondisikan agar tujuan pembelajaran ini bisa tercapai,ketiga adalah waka kurikulum, dengan mempertimbangkan masukan dari waka kurikulum dalam menerapkan pembelejaran yang akan disampaikan agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan maksimal,keempat adalah guru,dimana guru tersebut harus mampu mengemban dukungan kepala sekolah dan waka sarpras serta waka kurikulum dam mencapai tujuan pembelajaran yang akan dibawakan terutama dalam pemberian motivasi belajar peserta didik yang tidak mudah dapat diterima oleh peserta didik karna kesadadaran tentang petingnya pendidikan yang rendah ,kelima adalah teman sejawat,dimana teman sejawat juga membantu menganalisis identifikasi masalah artinya untuk mendapatkan validitas data. Keenam adalah murid atau peserta didik, jika guru tidak mampu memberikan motivasi belajar dengan berhasil maka tentu tujuan pembelajaran tidak akan tercapai. Aksi : Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut 1. Membuat RPP pertemuan pertama dan kedua dengan model pembelajaran Problem Base Learning. 2. Di dalam RPP menggunakan pendekatan Scientific 3. Mengkondisikan proyektor dan laptop siap pakai 4. Memastikan sumber listrik dompeng atau genset dalam kondisi siap pakai 5. Membuat media pembelajaran sendiri menggunakan karton 6. Melakukan pendekatan secara emosional kepada peserta didik 7. Memahami karakter masing masing peserta didik strategi apa yang digunakan? Strategi yang saya lakukan dalam melakukan proses semua ini agar berjalan lancar yakni menerapkan pembelajaran inovatif dalam keterbatasan dan kesederhanaan dengan dukungan pengamatan situasi dan kondisi serta pendekatan secara emosional baik di dalam maupun di luar kelas sehingga guru dapat maksmal dalam memberikan motivasi belajar kepada siswa bagaimana prosesnya? 1. Pendidik membuat RPP dengan model pembelajaran problem base learning dengan tujuan untuk memaksimalkan pembelajaran yang berbasis teori kepada siswa sehingga untuk tahapan berikutnya siswa tinggal melanjutkan secara praktek sehingga tujuan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan terstruktur 2. Pada tahapan ini, RPP dengan model pembelajaran Problem base learning dilakukan pada pertemuan pertama dan kedua sehingga peserta didik dapat memahami struktur dan kebahasaan teks descriptive dan dapat mendiscripsikan tempat wisata secara maksimal dengan membentuk kelompok sehingga siswa dapat berdiskusi dan menampilkan hasil diskusinya dengan baik. 3. Media pembelajaran berupa gambar tentang wisata sebagai modelnya,pendidik termotivasi untuk menerapkan pembelajaran tersebut dan pendidik juga merasa terbantu untuk menyampaikan tujuan pembelajaran. 4. Kemudian siswa mempresentasikan hasil diskusi sesuai dengan LKPD yang diminta 5. RPP pada pertemuan pertama dan kedua menggunakan metode pembelajaran Problem Base Learning karena mulai menitik beratkan pada praktek 6. Dengan membentuk kelompok mereka dengan leluasa berekspresi dan saling memotivasi satu sama lain dalam menyelesaikan LKPD yang diberikan oleh guru 7. Di setiap pembelajaran guru selalu memberikan reward sebagai motivasi tambahan kepada siswa siapa saja yang terlibat? Yang terlibat dalam pembelajaran ini yakni

1. Kepala sekolah 2. Wakil kepala sekolah 3. Pendidik dan 4. peserta didik. Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini? 1. Buku refrensi seperti buku paket dan literasi yang mendukung tentang materi teks descriptive 2. SDM guru dalam membuat vidieo pembelajaran dengan memanfaatkan youtube dan IT Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut Bagaimana dampak dari aksi dari Langkahlangkah yang dilakukan? Dampak yang terjadi dari setiap langkah pembelajaran yang dilakukan memiliki target sesuai dengan harapan. 1. Pada pembelajaran aksi 1 dengan menggunakan problem base learnig siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi dengan menampilkan vidio pembelajaran hal ini dibuktikan saat siswa berkelompok dan memperesentasikan. 2. Dan pendidik menerapkan model pembelajaran Problem Base Learning pada pembelajaran ini siswa jauh lebih bersemangat karena setelah memahami secara teori mereka memiliki peluang untuk menuliskan dan mencoba secara langsung mendescripsikan sebuah tempat Wisata, terbukti dari hasil pencapaian peserta didik yang mereka buat secara berkelompok. Apakah hasilnya efektif Atau tidak efektif? Dengan menggunakan model pembelajaran yang diterapkan dengan memadukan strategi yang dilakukan hasilnya sangat efektif. Ini membuktikan meskipun lokasi kami berada di 3T namun dengan penggunaan pembelajaran yang inovatif dan strategi yang tepat dapat melaksanakan pembelajaran yang efektif sesuai dengan target pembelajaran yang akan dicapai Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan? Banyak yang menyambut dengan baik bahkan ada beberapa guru yang mengajak shering mengenai strategi pembelajaran yang diterapkan.

Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidak berhasilan dari strategi yang dilakukan? Yang menjadi faktor berhasil tidaknya strategi yang dilakukan dari antusias siswa dalam mengikuti pebelajaran serta dari hasil LKPD yang diberikan kemudian dari tujuan pebelajaran sudah tercapai apa tidak Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut? Pembelajaran yang bisa kita ambil sebagai guru yakni adanya pendekatan kepada siswa sehingga kita bisa membaca karakter setiap siswa kemudian menjalin hubungan yang baik secara komunikatif kepada pimpinan dan warga sekolah yang lain dalam melaksanakan tujuan pembelajaran sehingga sebelum kita menciptakan strategi kita bisa mencari validitas data terlebih dahulu selain kita juga melakukan observasi di lapangan, banyak bersabar tentunya dan tekun dalam memecahkan masalah dilapangan meskipun dengan kondisi di 3T serba terbatas namun bukan menjadi penghalang dalam membuat pembelajaran yang inovatif sehingga motivasi belajar siswa dapat terbentuk sesuai dengan apa yang kita harapak sebagai guru.

21 Apr 2020

Direktori

20 Apr 2020

Welcome